8 Kg Sabu yang Dikemas di Bungkus Teh Asal Malaysia Disita Polda Riau

8 Kg Sabu yang Dikemas di Bungkus Teh Asal Malaysia Disita Polda Riau – Polda Riau mengambil alih delapan paket sabu-sabu yg terbungkus rapi dalam bungkus teh, dengan semasing seberat 1 kg asal negeri jiran, Malaysia. Keseluruhan sabu yg diambil alih sekitar 8 kg.

“Delapan kilo-gram sabu-sabu ini dari Malaysia. Bungkusnya sama teh hijau bertuliskan ‘Guanyiwang’ serta sudah seringkali diambil alih,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Haryono di Pekanbaru, Kamis (21/2/2019).

Ia memaparkan sabu itu diambil alih dari tangan dua terduga, MZ alias Iwan (23) serta PS (26). Ke-2 pemuda itu adalah penduduk Kota Pekanbaru.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Riau AKBP Andri Setiawan, yg pimpin operasi penangkapan itu, menuturkan jajarannya memerlukan waktu satu pekan untuk menyingkap jaringan narkoba itu. Menurut Andri, pengungkapan itu berasal dari info dapat masuk narkoba dalam jumlahnya besar ke Propinsi Riau.

Satu team kombinasi Polda Riau lantas dikerahkan mengerjakan pengintaian sungguh-sungguh dan pemetaan. Akhirnya, polisi sukses menelusur serbuk narkoba berharga miliaran rupiah itu masuk dari Malaysia lewat Desa Pambang, Kecamatan Bantan, Bengkalis, pada 18 Februari 2019 pagi hari.

“Sesudah itu senantiasa kita ikuti arahnya, melalui Selatbaru, Bengkalis, melintas ke Pakning sampai pada akhirnya diamankan mendekati Jembatan Siak pada 18 Februari 2019 tempo hari,” pungkasnya.

Sekarang ini, ke-2 terduga dijaring dengan Clausal 112 jo Clausal 114 Undang-Undang RI Nomer 35/2009 perihal Narkotika serta terancam hukuman maksimum mati. Terduga ditahan di Mapolda Riau untuk proses peningkatan serta penyidikan selanjutnya.